Menentukan Stok Produk Berdasarkan Pola Pembelian Konsumen dengan Algorithma Apriori

Adil, Ahmat and Ariyanti, Ni Wayan Yuli and Triwijoyo, Bambang Krismono (2021) Menentukan Stok Produk Berdasarkan Pola Pembelian Konsumen dengan Algorithma Apriori. SATIN : Sains dan Teknologi Informasi, 7 (2). ISSN 2527-9114

[img]
Preview
Text
SimilarityCheck_Menentukan Stok Produk Berdasarkan Pola-.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bukti Pendukung_Menentukan Stok Produk Berdasarkan Pola-.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam persaingan dunia usaha, perusahaan yang bergerak dibidang jasa memerlukan inovasi untuk memuaskan dan memenuhi kebutuhan pelanngan. Peruhasahaan yang menyediakan berbagai jenis produk, memerlukan pengetahuan dengan menggunakan algorithma apriori untuk mengidentifikasi produk yang disediakan mana yang paling diminati atau kurang diminati supaya dapat mengatur persediaan stok produk. Output yang didapat berupa hitungan sebagai batasan minimum support 35% dan minimum confidence 65% menghasilkan 7 aturan data transaksi penjualan (contoh kasus tahun 2019). Dengan contoh berikut yaitu dalam penerapan kasus yaitu suatu rules yang terbentuk konsumen dengan pembelian susu senilai support 36,66% dan nilai confidence 96,15% dengan lift ratio 1,09, karena membeli tisu dan diapers, hal ini menunjukan adanya relasi yang sangat kuat antara item atau adanya hubungan yang positif, yang pada akhirnya diberikan rekomendasi kepada manajemen bahwa pola pembelian konsumen ditentukan persediaan stok produk.

Item Type: Article
Keywords: Data Mining, Association Rule Apriori Minimum Support, Minimum Confidence Lift Ratio
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Bambang Krismono Triwijoyo
Date Deposited: 20 Apr 2023 05:27
Last Modified: 20 Apr 2023 05:27
URI: http://repository.universitasbumigora.ac.id/id/eprint/2508

Actions (login required)

View Item View Item