Adil, Ahmat and Ariyanti, Ni Wayan Yuli and Triwijoyo, Bambang Krismono (2021) Menentukan Stok Produk Berdasarkan Pola Pembelian Konsumen dengan Algorithma Apriori. SATIN : Sains dan Teknologi Informasi, 7 (2). ISSN 2527-9114
|
Text
SimilarityCheck_Menentukan Stok Produk Berdasarkan Pola-.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bukti Pendukung_Menentukan Stok Produk Berdasarkan Pola-.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Dalam persaingan dunia usaha, perusahaan yang bergerak dibidang jasa memerlukan inovasi untuk memuaskan dan memenuhi kebutuhan pelanngan. Peruhasahaan yang menyediakan berbagai jenis produk, memerlukan pengetahuan dengan menggunakan algorithma apriori untuk mengidentifikasi produk yang disediakan mana yang paling diminati atau kurang diminati supaya dapat mengatur persediaan stok produk. Output yang didapat berupa hitungan sebagai batasan minimum support 35% dan minimum confidence 65% menghasilkan 7 aturan data transaksi penjualan (contoh kasus tahun 2019). Dengan contoh berikut yaitu dalam penerapan kasus yaitu suatu rules yang terbentuk konsumen dengan pembelian susu senilai support 36,66% dan nilai confidence 96,15% dengan lift ratio 1,09, karena membeli tisu dan diapers, hal ini menunjukan adanya relasi yang sangat kuat antara item atau adanya hubungan yang positif, yang pada akhirnya diberikan rekomendasi kepada manajemen bahwa pola pembelian konsumen ditentukan persediaan stok produk.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Data Mining, Association Rule Apriori Minimum Support, Minimum Confidence Lift Ratio |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Depositing User: | Bambang Krismono Triwijoyo |
Date Deposited: | 20 Apr 2023 05:27 |
Last Modified: | 20 Apr 2023 05:27 |
URI: | http://repository.universitasbumigora.ac.id/id/eprint/2508 |
Actions (login required)
View Item |